11 November 2012

Vestigialitas : Sisa-sisa Evolusi Manusia


Gigi geraham belakang ketiga.
Vestigial adalah struktur / organ mahluk hidup yang fungsi awalnya menjadi hilang atau berkurang sejalan dengan evolusi. Mereka adalah sisa-sisa warisan evolusi kita. Parahnya, beberapa vestigial telah diketahui berbahaya bagi kesehatan kita (para ilmuwan sering merujuk pada kasus kedua ini sebagai contoh dari "sampah evolusi").

Berikut adalah beberapa contoh organ vestigial yang masih dimiliki manusia.

10) Usus buntu

 
Usus buntu adalah organ yang paling banyak dikenal sebagai vestigial manusia. Disebut juga sebagai "umbai cacing". Usus buntu kita ini pernah membantu nenek moyang primata kita dengan membantu mencerna tanaman yang kaya akan selulosa. Beberapa ilmuwan percaya bahwa usus buntu manusia modern mungkin berperan sebagai "safe-house" untuk bakteri-bakteri yang membantu pencernaan.

Tapi siapa pun yang pernah melakukan operasi usus buntu akan memberitahu Anda bahwa fungsi organ ini sebenarnya adalah mempertebal dompet dari ahli bedah yang mengangkatnya ketika organ ini terinfeksi.


9) Sinus

 
10 Vestigial Traits You Didn't Know You Had
Sinus pada dasarnya kantong-kantong udara yang berada di dalam wajah kita. Fungsi biologis sinus sering menjadi topik perdebatan sengit, tapi ada juga beberapa konsensus untuk mengetahui tujuan mereka yang sebenarnya.


8) Gigi bungsu

10 Vestigial Traits You Didn't Know You Had
Gigi bungsu adalah gigi geraham ketiga yang muncul pada usia sekitar 18-30 tahun. Gigi bungsu termasuk dalam kategori struktur vestigial, yaitu struktur yang fungsi awalnya menjadi hilang atau berkurang sejalan dengan evolusi.
 
Banyak ahli berpendapat bahwa perubahan jenis makanan pada manusia modern dari mentah menjadi dimasak membuat makanan lebih lunak. Selain itu, pemeliharaan gigi modern mengalami kemajuan pesat. Akibatnya kerusakan pada gigi berkurang. Kehadiran gigi bungsu yang diperkirakan dapat membantu bila ada geraham lain yang tanggal menjadi tidak berguna, hal ini menjadi masalah bagi kebanyakan orang.

10 Vestigial Traits You Didn't Know You Had
Karena gigi bungsu tumbuh paling akhir, kadang-kadang rahang tidak memiliki tempat yang cukup untuk gigi bungsu tumbuh dengan wajar. Akibatnya gigi bungsu mendesak gigi geraham yang berada di depannya. Hal ini akan mengakibatkan sakit pada gigi. Masalah ini umumnya diatasi dengan mencabut gigi bungsu yang baru tumbuh. Bila gigi bungsu menempati posisi yang sulit untuk dicabut, yang dicabut adalah gigi geraham yang terdesak sehingga gigi bungsu mendapat tempat yang cukup untuk tumbuh.


7) Tulang ekor 

Coccyx, atau lebih dikenal sebagai tulang ekor, adalah bagian paling terkhir (paling bawah) dari ruas-ruas tulang belakang kita, yang juga merupakan sisa-sisa dari ekor kita. Sebenarnya, hampir semua mamalia di bumi memiliki ekor, bahkan saat mereka berada pada tahap berkembang di dalam rahim. Manusia misalnya, antara tahap 14 dan 22 dari embriogenesis manusia, satu hal yang benar-benar dapat dilihat adalah struktur pada bagian ujung embrio yang mirip seperti ekor, yang kemudian terserap karena proses autolisis (penghancuran sel).

10 Vestigial Traits You Didn't Know You Had
Fitur perkembangan embrio ini, adalah salah satu bagian dari teori Ernst Haeckel mengenai rekapitulasi. Prinsipnya yang terkenal adalah "ontogeni mencerminkan filogeni". 

Dalam versi aslinya, embrio dianggap mencerminkan bentuk dewasa organisme moyang evolusionernya. Versi ini sekarang ditolak namun modifikasinya sekarang diterima luas. Dalam versi modern, banyak dukungan bagi pernyataan "perkembangan embrio (ontogeni) mencerminkan bentuk embrio moyang evolusionernya".


6) Telinga
Bukan, bukan keseluruhan telinga, namun telinga manusia memang memiliki beberapa macam hal-hal aneh. Ada satu kelompok otot yang melekat di telinga kita, yang untuk sebagian besar monyet digunakan untuk menggerakan telinga seperti piringan satelit yang mencoba menangkap sinyal

Untuk kita, manusia, otot tersebut hanya berdiam disana, tidak menggerakan apapun, yang menunjukkan bahwa mereka telah kehilangan fungsi biologis utama mereka. Kecuali, tentu saja, bagi kita yang dapat menggoyangkan telinga kita (^o^). Simpanse, seperti kita, juga memiliki otot-otot terbelakang dan karenanya, juga tidak memiliki kapasitas untuk menggerakan telinga. 

10 Vestigial Traits You Didn't Know You Had
Selanjutnya, pada sekitar 10% dari populasi, tepi luar dari telinga yang disebut heliks, juga telah diketahui menunjukkan tanda-tanda fitur vestigial. Pada daun telinga yang digambarkan di sini, misalnya, penebalan helix yang disebut "tuberkulum Darwin" terjadi di persimpangan sepertiga atas dan tengah telinga - fitur yang umum untuk banyak mamalia.


5) Arrector Pili

10 Vestigial Traits You Didn't Know You Had
Ketika kita kedinginan atau stres, arrector pili, adalah serat otot polos yang berkontraksi tanpa sengaja yang memberikan rasa "merinding." Jika kita adalah seekor makhluk hutan yang berbulu tebal, hal ini dapat membantu memberikan isolasi udara di antara folikel rambut tegak, membantu menahan panas tubuh, atau membuat kita terlihat lebih besar (yang membuat pemangsa tidak jadi menyerang, contohnya adalah landak). Karena kebanyakan manusia tidak berbulu cukup agar sama dengan "makhluk hutan berbulu tebal" , arrector pili tidak memberikan satu pun dari manfaat ini.


4) Amandel

10 Vestigial Traits You Didn't Know You Had
Amandel yang konon menjadi garis pertama pertahanan tubuh terhadap patogen (kuman) yang terhirup atau tertelan, justru, seperti usus buntu, mereka memiliki kebiasaan buruk untuk bergabung dengan kekuatan kuman dalam serangan infeksi yang dilancarkan terhadap tubuh Anda.  

Kecenderungan mereka untuk meradang dan terinfeksi telah membuat banyak orang percaya bahwa jika amandel pernah memiliki fungsi yang lebih jelas pada sistem respon imun. Mereka sudah lama sejak fungsi utamanya hilang, sehingga banyak orang lebih memilih mengangkatnya (dengan operasi).


3) Puting susu laki-laki

10 Vestigial Traits You Didn't Know You Had
Fungsi biologis puting laki-laki masih menjadi misteri. Mereka adalah vestigial yang berasal dari cara yang berbeda daripada fitur-fitur lain di daftar ini, dalam arti bahwa mereka tidak tersisa dari peristiwa evolusi, melainkan dari tahap embrio

Semua janin efektif mulai hidup dalam rahim sebagai perempuan. Tanpa adanya kromosom Y, embrio akan sepenuhnya berkembang menjadi seorang wanita. Ketika kromosom Y hadir, bagaimanapun, janin akan memproduksi hormon seperti testosteron dan berkembang menjadi laki-laki, tetapi puting susu kebanyakan akan tersisa. Hal ini pada dasarnya membuat mereka hanya menjadi hiasan saja.


2) Gerakan refleks menggenggam Palmaris

10 Vestigial Traits You Didn't Know You Had
Yang menarik dari refleks menggenggam ini adalah bahwa hal ini bukanlah fitur vestigial melainkan perilaku vestigial. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 1932, jika jari atau benda serupa ditempatkan di telapak bayi, sebanyak 37% dari mereka mampu menggenggam dengan kekuatan yang cukup untuk mengangkat berat badan mereka sendiri (menariknya, gerakan sebaliknya dapat dilakukan dengan membelai bagian belakang atau samping tangan bayi). Sebuah gerakan menggenggam serupa dapat diamati pada kaki bayi

Perilaku ini biasanya bertahan sampai empat atau lima bulan, dan mungkin berguna untuk nenek moyang berbulu kita, yang biasa membawa anak-anak mereka saat mereka bepergian.


1) Plica Semilunaris

Plica semilunaris adalah lipatan kecil jaringan yang terletak di sudut bagian dalam mata Anda (bukan benjolan kecil di sudut mata, tetapi selaput kecil tepat di sebelah itu, lihat gambar). Plica semilunaris kita adalah sisa-sisa peninggalan dari apa yang disebut sebagai "membran pengerjap," yang paling sering ditemukan pada burung, reptil, dan amfibi.

10 Vestigial Traits You Didn't Know You Had
Yang ditampilkan di sini adalah membran pengerjap dari burung Lapwing bertopeng yang sedang menutup. Membran ini biasanya transparan, dan berfungsi untuk melembabkan mata, membersihkan kotoran, dan membantu menatap ke bawah. Manusia, sayangnya, tidak dilengkapi dengan fungsi kelopak mata ketiga ini, tapi jangan biarkan Anda berhenti berdiri di depan cermin untuk mencoba membuat mereka bergerak.

io9.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar